PENGARUH KOMPENSASI BONUS DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA
(Studi pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019)
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i2.395Kata Kunci:
Bonus Compensation, Dividend Payout Ratio, Income SmoothingAbstrak
This study aims to determine the effect of bonus compensation and dividend payout ratio on income smoothing practices. This research is a quantitative research with an associative approach. The data testing techniques used are partial hypothesis testing (t test), simultaneous hypothesis testing (F test) and multiple linier regression analysis using SPSS software version 25. The number of samples tested in this study were 66 samples consisting of 33 companies with research period of 2 years. The data used in this research are secondary data sourced from IDX official website and official website of related companies. The results showed that partially, bonus compensation had no effect on income smoothing practices, but dividend payout ratio had a significant negative effect. Meanwhile, simultaneously, bonus compensation and dividend payout ratio have a significant effect on income smoothing practices. Based on these results, it is hoped that investor and potential investor will be more thorough in analyzing and identifying the company, and not seeing the company only by the value of dividends or the amount of profit that generated by banking companies which will later be used as investment destinations.
Unduhan
Referensi
Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.
Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.
Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.
Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.
Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.
Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.
Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.
Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Maulinda Zulfa Rahmania, Ade Irma Suryani Lating, Selvia Eka Aristantia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.