PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK BTPN KCP BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.319Kata Kunci:
Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja KaryawanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank BTPN KCP Blitar, (2) mengetahui apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank BTPN KCP Blitar, (3) mengetahui apakah motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank BTPN KCP Blitar. Objek penelitian ini, adalah seluruh Karyawan Bank Tabungan Pensiunan Nasional KCP Blitar. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah responden 48 orang karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis sumber data primer data sekunder. Serta dua metode pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan metode observasi. Data primer yang dikaji menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis regresi linier berganda, uji signifikansi parsial (uji-t), uji signifikansi simultan (uji-f), dan uji koefisien determinasi(R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, (2) Variabel kepuasan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, (3) Variabel motivasi dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan.