PENGARUH TREND HIJAB TERHADAP MINAT BELI KAUM WANITA MUSLIMAH

Penulis

  • Rudi Sojali STIE Mahardhika Surabaya
  • Riza Rizki Iffani STIE Mahardhika Surabaya
  • Luvita Tulus STIE Mahardhika Surabaya
  • Dewi Noviyanti STIE Mahardhika Surabaya
  • Adelia Ermawanti STIE Mahardhika Surabaya
  • Rismawati BR. Sitepu STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.285

Abstrak

Dalam perkembangannya hijab tidak hanya menutupi kepala atau menutupi aurat, namun saat ini hijab sudah menjadi gaya. Konsumsi hijab juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Tujuan artikel ini adalah untuk memahami mengapa wanita muslim mengikuti trend mode saat mengenakan hijab dan sejauh mana tren hijab telah mempengaruhi pembelian hijab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu menganalisa, mendeskripsikan, dan merangkum berbagai situasi dan kondisi melalui bermacam informasi yang dikumpulkan dalam bentuk wawancara atau observasi tentang permasalahan penelitian di lapangan. Melalui wawancara tatap muka dengan konsumen JPFashion, mengumpulkan data melalui pesan elektronik (email) atau Whatsapp, kemudian mengolah dan menganalisanya, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian dilakukan oleh konsumen karena mengikuti trend hijab, hanya saja harganya relative murah, warna dan pilhan model hijab yang berbeda, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan formal maupun informal, dan kualitas bahan hijab yang digunakan. Dampak dari fenomena tersebut bersifat positif dan negative, merupakan efek positif yaitu setiap anda membeli model hijab yang terkenal di masyarakat, hal ini juga akan berdampak negative yaitu masih banyak orang yang mengikuti pola desain hijab. Karena itu, gaya pakai tidak memperhatikan hukum islam

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Articles