MENGELOLA KEMAMPUAN DINAMIS MELALUI PENCIPTAAN NILAI PELANGGAN PADA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.277Abstrak
Manajemen dan nilai pelanggan adalah masalah empiris utama dan teoritis dalam manajemen pemasaran dan manajemen strategis. Namun, belum banyak yang diketahui bagaimana praktik manajemen sumber daya manusia dalam mendukung terciptanya penciptaan nilai dalam membangun fondasi mikro dari perspektif kapabilitas dinamis serta bagaimana praktik manajemen sumber daya manusia dapat mendorong kreativitas dan inovasi dari sisi karyawan untuk membangun penciptaan nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai penelitian yang telah dilakukan pada bidang ini terkait dengan kapabilitas dinamis, penciptaan nilai dan manajemen sumber daya manusia. Berdasarkan kapabilitas dinamika kognitif manajerial, penelitian ini mengeksplorasi literatur bagaimana perusahaan mampu mengatur sumber daya yang dimilikinya dalam pasar yang dinamis untuk membangun penciptaan nilai sesuai dengan harapan dan keinginan stakeholder dengan peran serta yang kuat pada praktik manajemen sumber daya manusia untuk mendapatkan pemahaman tentang pengembangan penciptaan nilai. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan praktik manajemen sumber daya manusia mampu membantu perusahaan dalam mendorong mengembangkan kemampuan dinamis dengan menumbuhkan kesadaran pada multi-level untuk membuat dan mengembangkan penciptaan nilai untuk memberikan manfaat dan dampak bagi perusahaan secara berkelanjutan.