PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM “BEVERAGEBEE” DI SIDOARJO

Penulis

  • Tedy Irawan STIE Mahardhika Surabaya
  • Aliffiar Hendardi Pramudya STIE Mahardhika Surabaya
  • Leonard Adrie Manafe STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.275

Abstrak

Dalam persaingan era global saat ini penting bagi masyarakat untuk mengenal UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dalam membentuk UMKM sendiri tanpa di sengaja masyarakat turut membantu menggerakan roda perekonomian negara dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas, membantu menekan angka pengangguran. Kehidupan masyarakat berangsur akan membaik jika hal ini terjadi dan membuka pola pikir terhadap UMKM sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan berpusat pada titik pandangan untuk memahami seberapa dampaknya, minat konsumen dalam membeli suatu barang karena adanya efek dari faktor sikap/perilaku dan norma subjektif secara sendirian atau serentak. Quantitative method digunakan dalam riset ini, penyebaran kuesioner terhadap 100 konsumen Beveragebee yang sekaligus diambil sebagai sampel riset. Minat beli konsumen ternyata dapat dibuktikan dengan terdapatnya efek yang subtansial baik sendirian maupun serentak dari faktor sikap konsumen itu sendiri dan hasil dari efek norma subjektif atau referensi. Faktor norma subjektif berefek sangat dominan kepada minat konsumen dalam pembelian barang pada UMKM Beveragebee.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-28

Terbitan

Bagian

Articles