PENGARUH PEMASARAN MEDIA ONLINE DAN MARKETPLACE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK UMKM CN COLLECTION DI SIDOARJO

Penulis

  • Wahyu Ana STIE Mahardhika Surabaya
  • Tiara Dwi Fulandari Sophan STIE Mahardhika Surabaya
  • Choirun Nisa STIE Mahardhika Surabaya
  • Diah Ayu Sanggarwati STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.274

Abstrak

Berbagai aktivitas bisnis baik dari skala besar, skala menengah, maupun skala kecil, dipengaruhi oleh adanya teknologi informasi yang kini berkembang begitu pesat di pasar global. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, mampu mendukung masyarakat dalam meningkatkan tingkat penjualan dan memiliki dampak yang nyata dalam kegiatan bisnisnya. Jaringan teknologi informasi menjangkau masyarakat luas dari berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke, untuk aktif dalam aktivitas jual beli pada ruang lingkup media online maupun marketplace. Media online dan marketplace merupakan jenis media belanja online yang menjadi pusat perhatian berbagai kalangan masyarakat, yang dimana media online dan marketplace ini memberikan pengaruh begitu besar terhadap bisnis seseorang. Dengan kehadiran media online dan marketplace memberikan banyak manfaat yang diperoleh, diantaranya lebih murah, efektif dan efisien, networking yang  sangat luas, kecepatan dalam penyebaran informasi, mampu membangun nama brand atau merk agar lebih dikenal banyak orang, dan lebih mudah dalam mengevaluasi segi penjualan, pemasaran, maupun pelaporan keuangan bisnis. Dalam hal ini, media online dan marketplace didukung oleh kehadiran beberapa platform digital, berupa Facebook, Whatsapp, Instagram, maupun Shopee. Tujuan dari penelitian ini yakni memberikan bukti secara parsial media pemasaran online dan marketplace berpengaruh dalam meningkatkan penjualan produk cn. collection.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-28

Terbitan

Bagian

Articles