PENGARUH KEPERCAYAAN, FITUR LAYANAN, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI KALANGAN GENERASI-Z
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v23i1.1221Kata Kunci:
Trust, Features, Convenience, Safety, Mobile Banking, Generation-ZAbstrak
The banking sector in Indonesia is undergoing substantial growth, with mobile banking services emerging as a key innovation. BRImo, a service provided by PT Bank Rakyat Indonesia, enables users to access banking services remotely, reducing the need for teller or customer service assistance. This study aims to examine the impact of trust, features, convenience, and safety on Generation-Z's decision to adopt mobile banking. A quantitative approach was employed, with primary data collected via questionnaires. The sample comprised 100 students from the top five universities in Yogyakarta, selected through purposive sampling. Data analysis was conducted using SPSS 25. The findings reveal that trust, features, convenience, and safety significantly influence Generation-Z's decision to use mobile banking, both individually and collectively. The study concludes that each of these factors—trust, features, convenience, and safety—has a significant partial effect, while their combined influence is also substantial in shaping Generation-Z’s decision to adopt mobile banking services.
Unduhan
Referensi
Alifia , F. R. (2016). Pengaruh Manfaat, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan Internet Banking Nasabah Bank BCA di Surabaya . Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA.
GoodStats. (2022). 10 Aplikasi Mobile Banking Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia https://goodstats.id/article/
Iqbal , M., & Hasan , A. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tanggerang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(1), 333-356.
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2019). Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah. Journal Science of Economic and Shariah Banking, 8(2), 49-57.
Kholifah, A. P., Hidayat, N., & Athia, I. (E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan BRImo Pada Nasabah Bank Kota Malang. 2023, 12(02).
Kirana, A., Mutia, A., & Fielnanda, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa di Kota Jambi. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 1(4), 82-99.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurnia, D. (2021). Pengaruh Fitur, Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Digital Banking Jenius PT Bank Tabungan Pensiun Nasional. UG Journal, 14(8).
Marzuki, I. K. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan BRI Mobile Bangking (Studi Pada Nasabah Bank BRI Kantor Cabang Kebumen). Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa.
Muhlis, M., & Nugroho, H. S. (2022). Pengaruh Inflasi Dan Nilai Tukar Terhadap Indeks Harga Saham. Journal Competency Of Business, 6(01), 66-76.
Ningrum, R., Bachmid, S., & Jalil, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan dan Kemudahaan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30-45.
Nugroho, HS., et. al. (2023). Analisis Data Kuantitatif, Motodologi Penelitian. Badung: Infesmedia, hal.133-159.
OJK. (2018). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/PJOK.03/2018: https://ojk.go.id/
Prasetyo, Y., Nugroho, H. S., Rijadi, P. K., Nurmubin, T., & Farid, D. (2021). The Impack Of Macroeconomic On Sharia And Non-Sharia Stock Prices: Empirical Evidence From Consumption Secktor. Finansha: Journal of Sharia Financial Managemen, 4(1), 80-94.
Purbaya, U. (2023). Pengaruh Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking BRImo. Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa.
Sari, I. (2019). Pengaruh Kemudahan, Mannfaat Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-money, dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Doctoral dissertation, IAIN Salatiga.
Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-wallet dan Persepsi Manfaat serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-wallet OVO. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155-163.
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anafiah Rumuar, Hendrato Setiabudi Nugroho
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.