PENGARUH MERK DAGANG (BRAND), KUALITAS PRODUK, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK OLEH-OLEH KAOS KHAS BANYUWANGI “OSING DELES”

Authors

  • Tutut Hariyadi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.283

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pertanyaan apakah benar merk dagang, kualitas produk dan citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu dalam penelitian ditetapkan variabel independen yang meliputi merk dagang, kualitas produk dan citra perusahaan dan untuk variabel dependennya adalah keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen oleh-oleh kaos khas Banyuwangi dengan merk “Osing Deles†yang berada disekitar wilayah kota Banyuwangi yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel ditetapkan 10 (sepuluh) kali lebih besar dari jumlah variabel penelitian yaitu sebeaar 40 responden dengan Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda, uji f (simultan), uji t (uji parsial), uji koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik. Hasil analisis dengan menggunakan uji f (simultan) menunjukkan bahwa variabel independen (x) secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen (y), dan uji t (parsial) yang menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (x) berpengaruh parsial terhadap variabel dependen (y). Angka adjusted R square menunjukkan nilai 51% yang menunjukkan bahwa variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variasi variabel merk dagang, kualitas produk dan citra perusahaan sebesar 51%, sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles