Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Yamaha Mio Di Surabaya

Authors

  • Sri Lestari STIE Mahardhika Surabaya

Keywords:

Kata Kunci : Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek, Rasa Percaya Diri

Abstract

Straregi pemasaran saat ini merupakan pertempuran persepsi konsumen dan tidak hanya sekedar pertempuran produk. Membangun persepsi dapat dilakukan melalui jalur merek. Merek yang kuat akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, sehingga tercipta profitabilitas perusahaan. Dengan demikian, merek merupakan faktor terpenting bagi perusahaan dalam merebut konsumen. (Aaker, 1997).

Merek merupakan nama, istilah, simbul, desain, atau kombinasi dari semuanya. Selain itu merek merupakan janji yang diberikan produsen berupa seperangkat fitur, manfaat, dan layanan kepada konsumen. Bahkan didalam sebuah merek terdapat enam tingkat pengertian, yaitu : atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai. (Kotler, 2005;82). Pengetahuan inilah yang mengarahkan konsumen dalam mempersepsikan suatu produk. Oleh karena itu judul yang akan digunakan dalam penelitian ini dalah “Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, dan Asosiasi Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Yamaha Mio Di Surabayaâ€.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan merumuskan hipotesis yang selanjutnya akan dilakukan pengujian hipotesis, pengukuran data dan membuat kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Jenis penelitian dari sudut pandang eksplanasi termasuk jenis penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang berhubungan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih (Sugiono, 2005:11).

Hasil uji F menunjukkan menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 47,347 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,76 yang berarti kesadaran merak, kesan kualitas dan asosiasi merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap rasa percaya diri pelanggan Yamaha Mio di Surabaya.

Hasil uji t menunjukkan bahwa asosiasi merek (X3) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap rasa percaya diri pelanggan dengan nilai thitung sebesar 5,638 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,6716.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-01-23