ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EXPERIENTIAL MARKETING

  • Atty Erdiana Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Dijah Julindrastuti Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Surenggono Surenggono Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstract

Persaingan global yang semakin ketat mengharuskan  perusahaan  selalu peka terhadap perubahan yang terjadi di pasar. Konsep baru dalam praktek pemasaran yang dikenal dengan experiential marketing lebih berorientasi pada pendekatan psikologis konsumen sehingga dapat membangkitkan emosi positif dari pelanggan.     Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor controlable  dan uncontrolablebagi toko terhadap experiential marketing. Sampel penelitian ini adalah konsumen potensial produk baju fashion, sudah bekerja, usia lebih dari 25 tahun di wilayah Kota Surabaya dan  Malang. Jumlah sampel sebanyak 311 orang. Variabel bebas meliputifaktor uncontrolable yang berupa variabel demografi (usia, gender, pendidikan, status pernikahan dan suku) dan faktor controlable berupa variabel atmosfer toko dan lokasi toko, dan variabel terikatnya adalah experiential marketing. Teknik analisis data yang digunakan adalah: regresi linier berganda, independent sample t tes dan one way anova.


            Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer toko dan lokasi toko berpengaruh signifikan terhadap experiential marketing. Gender dan suku juga berpengaruh signifikan terhadap experiential marketing. Implikasi penelitian ini adalah toko sebaiknya memperbaiki atmosfer tokonya dengan cara: menyediakan tempat yang luas, penataan produk yang rapi dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Produk  disesuaikan dengan  keinginan wanita karena experiental marketing wanita lebih tinggi daripada pria, sehingga perlu disediakan produk yang memperhatikan: kerapian jahitan, asesoris unik dan disain baju yang sedang trend. Selain itu suku Jawa lebih mempunyai experiental marketingdibandingkan dengan suku Madura, sehingga toko perlu  memperhatikan beragam budaya dari berbagai suku dengan cara penampilan karyawan menggunakan berbagai baju adat pada event tertentu, memperdengarkan musik tradisional misalnya Gamelan Jawa, Angklung Sunda, serta instrumental lain dari berbagai suku

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2018
How to Cite
ERDIANA, Atty; JULINDRASTUTI, Dijah; SURENGGONO, Surenggono. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EXPERIENTIAL MARKETING. Media Mahardhika, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 301-312, may 2018. ISSN 2407-4950. Available at: <http://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/34>. Date accessed: 19 aug. 2018.
Section
Articles