Perancangan Konten Digital Untuk UMKM: Studi Kasus Pada PDH Clothes

Authors

  • R. Audi Cahya Lucky Ramadhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Paulina Merlinda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Nisriinaa Nabiihah Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i2.875

Keywords:

Konten Digital, Pemasaran Sosial Media, UMKM

Abstract

Dewasa ini penggunaan sosial media menjadi salah satu kebutuhan hidup masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui konten digital. Dengan adanya fenonema ini, sisipan pemasaran dengan sosial media menjadi krusial untuk meningkatkan penjualan, khususnya UMKM. Namun keterbatasan sumber daya membuat UMKM melewatkan kesempatan ini. Dengan demikian studi ini bertujuan untuk membantu UMKM untuk menciptakan konten digital di sosial media sebagai langkah pemasaran dan pengenalan produk. Subjek UMKM pada studi ini adalah PDH Clothes yang merupakan UMKM di bidang fashion. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Participatory Action Research (PAR) dengan kasus penciptaan konten dengan tahap analisis kondisi & kebutuhan, perancangan ide, pembuatan dan evaluasi konten dengan engagement rate. Hasil konten yang dievaluasi menunjukkan tingkat engagement sebesar 1.39% yang artinya memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan sosial media usaha retail fashion lainnya. Dengan adanya studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum terkait pentingnya konten digital untuk UMKM sebagai media pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, C. (2016). Visibility labour: Engaging with Influencers’ fashion brands and #OOTD advertorial campaigns on Instagram. Media International Australia, 161(1), 86–100. https://doi.org/10.1177/1329878x16665177

Ahmad, A., Madi, Y., Abuhashesh, M., Nusairat, N. M., & Masa’deh, R. (2020). The knowledge, attitude, and practice of the adoption of green fashion innovation. Journal of Open Innovation Technology Market and Complexity, 6(4), 107. https://doi.org/10.3390/joitmc6040107

Amiliana, D., Fatchurrohman, M., & Wardhani, P. S. (2022). Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.30

Bachtiar, A. M., Dharmayanti, D., & Haruman, B. (2023). Utilizing Engagement Rate for Marketing Tools in Instagram Business. 2023 International Conference on Informatics Engineering, Science & Technology (INCITEST). https://doi.org/10.1109/incitest59455.2023.10396873

Bhardwaj, V., & Fairhurst, A. (2010). Fast fashion: response to changes in the fashion industry. The International Review of Retail Distribution and Consumer Research, 20(1), 165–173. https://doi.org/10.1080/09593960903498300

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., & Astuti, P. (2015). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Gajah Mada Press.

Cucu, E. (2024). [STUDY] 2024 Social Media Benchmarks: Performance Data Across 22 Industries. https://www.socialinsider.io/.https://www.socialinsider.io/blog/social-media benchmarks/#18

Du Plessis, C. (2017). The role of content marketing in social media content communities. South African Journal of Information Management, 19(1). https://doi.org/10.4102/sajim.v19i1.866

Fatchurrohman, M., Sukatmadiredja, N. R., Wibowo, B. S., & Desiane, A. N. (2023). Strategi Pemasaran dan Penjualan dengan Pendekatan Analisa SWOT pada Produk Usaha Leche. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(1), 67–72. https://doi.org/10.54082/jupin.109

Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293. https://doi.org/10.1108/jrim-02-2014-0013

Jegham, S., & Bouzaabia, R. (2022). Fashion influencers on Instagram: Determinants and impact of opinion leadership on female millennial followers. Journal of Consumer Behaviour, 21(5), 1002–1017. https://doi.org/10.1002/cb.2050

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing: Global Edition (17th ed.). Pearson Education.

Lou, C., & Xie, Q. (2020). Something social, something entertaining? How digital content marketing augments consumer experience and brand loyalty. International Journal of Advertising, 40(3), 376–402. https://doi.org/10.1080/02650487.2020.1788311

Solomon, M. R. (2015). Consumer behavior, buying, having, and being. Pearson.

Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/mip-04-2013-0056

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

R. Audi Cahya Lucky Ramadhan, Paulina Merlinda, & Nisriinaa Nabiihah Ramadhani. (2024). Perancangan Konten Digital Untuk UMKM: Studi Kasus Pada PDH Clothes. Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 83–93. https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i2.875