Perancangan Konten Digital Untuk UMKM: Studi Kasus Pada PDH Clothes
DOI:
https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i2.875Keywords:
Konten Digital, Pemasaran Sosial Media, UMKMAbstract
Dewasa ini penggunaan sosial media menjadi salah satu kebutuhan hidup masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui konten digital. Dengan adanya fenonema ini, sisipan pemasaran dengan sosial media menjadi krusial untuk meningkatkan penjualan, khususnya UMKM. Namun keterbatasan sumber daya membuat UMKM melewatkan kesempatan ini. Dengan demikian studi ini bertujuan untuk membantu UMKM untuk menciptakan konten digital di sosial media sebagai langkah pemasaran dan pengenalan produk. Subjek UMKM pada studi ini adalah PDH Clothes yang merupakan UMKM di bidang fashion. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Participatory Action Research (PAR) dengan kasus penciptaan konten dengan tahap analisis kondisi & kebutuhan, perancangan ide, pembuatan dan evaluasi konten dengan engagement rate. Hasil konten yang dievaluasi menunjukkan tingkat engagement sebesar 1.39% yang artinya memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan sosial media usaha retail fashion lainnya. Dengan adanya studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum terkait pentingnya konten digital untuk UMKM sebagai media pemasaran digital.
Downloads
References
Abidin, C. (2016). Visibility labour: Engaging with Influencers’ fashion brands and #OOTD advertorial campaigns on Instagram. Media International Australia, 161(1), 86–100. https://doi.org/10.1177/1329878x16665177
Ahmad, A., Madi, Y., Abuhashesh, M., Nusairat, N. M., & Masa’deh, R. (2020). The knowledge, attitude, and practice of the adoption of green fashion innovation. Journal of Open Innovation Technology Market and Complexity, 6(4), 107. https://doi.org/10.3390/joitmc6040107
Amiliana, D., Fatchurrohman, M., & Wardhani, P. S. (2022). Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.30
Bachtiar, A. M., Dharmayanti, D., & Haruman, B. (2023). Utilizing Engagement Rate for Marketing Tools in Instagram Business. 2023 International Conference on Informatics Engineering, Science & Technology (INCITEST). https://doi.org/10.1109/incitest59455.2023.10396873
Bhardwaj, V., & Fairhurst, A. (2010). Fast fashion: response to changes in the fashion industry. The International Review of Retail Distribution and Consumer Research, 20(1), 165–173. https://doi.org/10.1080/09593960903498300
Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., & Astuti, P. (2015). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Gajah Mada Press.
Cucu, E. (2024). [STUDY] 2024 Social Media Benchmarks: Performance Data Across 22 Industries. https://www.socialinsider.io/.https://www.socialinsider.io/blog/social-media benchmarks/#18
Du Plessis, C. (2017). The role of content marketing in social media content communities. South African Journal of Information Management, 19(1). https://doi.org/10.4102/sajim.v19i1.866
Fatchurrohman, M., Sukatmadiredja, N. R., Wibowo, B. S., & Desiane, A. N. (2023). Strategi Pemasaran dan Penjualan dengan Pendekatan Analisa SWOT pada Produk Usaha Leche. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(1), 67–72. https://doi.org/10.54082/jupin.109
Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293. https://doi.org/10.1108/jrim-02-2014-0013
Jegham, S., & Bouzaabia, R. (2022). Fashion influencers on Instagram: Determinants and impact of opinion leadership on female millennial followers. Journal of Consumer Behaviour, 21(5), 1002–1017. https://doi.org/10.1002/cb.2050
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing: Global Edition (17th ed.). Pearson Education.
Lou, C., & Xie, Q. (2020). Something social, something entertaining? How digital content marketing augments consumer experience and brand loyalty. International Journal of Advertising, 40(3), 376–402. https://doi.org/10.1080/02650487.2020.1788311
Solomon, M. R. (2015). Consumer behavior, buying, having, and being. Pearson.
Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/mip-04-2013-0056
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 R. Audi Cahya Lucky Ramadhan, Paulina Merlinda, Nisriinaa Nabiihah Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.