Membangun Minat Belajar Matematika Melalui Bimbel Untuk Siswa Dusun Karangpilang Lamongan

Authors

  • Qosim Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Rita Nataliawati Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Siti Musyarofah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Dwi Prayogo Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Silvi Asrulyana Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i2.871

Keywords:

Minat, Matematika, Bimbingan Belajar

Abstract

Pendidikan berkualitas adalah kunci utama dalam mencetak generasi yang cerdas dan kompetitif. Di samping pendidikan formal, pendidikan nonformal dan informal juga vital dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Di daerah pedesaan seperti Dusun Karangpilang, Lamongan, kendala akses bimbingan belajar, terutama dalam Matematika, sering menjadi penghambat perkembangan akademik siswa. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengevaluasi dampak dari program bimbingan belajar Matematika gratis yang dilaksanakan di Dusun Karangpilang. Program ini dirancang untuk membantu siswa SD/MI memahami materi Matematika dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Metode pelaksanaan melibatkan pengajaran oleh dosen dan mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan secara gratis, dilakukan lima kali seminggu di Posko KKN. Hasil menunjukkan dampak positif yang signifikan, dengan peningkatan motivasi dan pemahaman siswa, meskipun terdapat keterbatasan seperti waktu pelaksanaan dan kebutuhan spesifik siswa. Program ini berpotensi mengurangi kesenjangan pendidikan antara daerah pedesaan dan perkotaan serta meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhrurrazi, F. (2018). Konsep Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, Volume 11, Nomor 1, halaman 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Purwanto, M. B. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD di RA Nahdlatul Ulama Dua Kecamatan Ilir Timur Satu, Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1, Nomor 2.

Purwanto, M. B. (2021). Peran Pendidik dalam Menciptakan Kelas Berkarakter di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Musi, Volume 4, Nomor 2, halaman 148–162.

Parulian, D., Julaeha, S., & Mufti, A. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Guru Bimbingan Belajar di Yayasan FORSIPMA Mawar. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, Volume 1, Nomor 1, halaman 9–14.

Sardiman. (2021). Interaksi dan Motivasi dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Rajawali Press

Setiani, F., & Rasto. (2016). Pengembangan Soft Skill Siswa melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1, Nomor 1, halaman 160–166. Diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Sialogo, Kabupaten Tapanuli Selatan. Volume 4, Nomor 1. DOI: 10.31604/jpm.v4i1.313-316.

Sormin, D., et al. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat: Bimbingan Belajar Gratis Bagi Siswa Kurang Mampu di Desa

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Qosim, Rita Nataliawati, Siti Musyarofah, Dwi Prayogo, & Silvi Asrulyana. (2024). Membangun Minat Belajar Matematika Melalui Bimbel Untuk Siswa Dusun Karangpilang Lamongan. Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78–82. https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i2.871