Pendampingan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Nasi Comot Melalui Strategi Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.870Keywords:
Bisnis Kuliner, Pemasaran, Analisis StrategiAbstract
Semakin kesini perkembangan zaman meningkat pesat dan ini mempengaruhi pada perekonomian negara, banyak anak mudah zaman sekarang sangat tertarik untuk memulai bisnis. Maka dari itu banyak program kewirausahan hadir untuk meningkatkan keinginan para mahasiswa/I ingin memulai bisnis. Melalui program ini dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kemandirian mahasiswa memulai bisnis/wirausaha. Biasanya program ini di mulai pada mahasiswa semester 5, karena kebijakan dari kempus mahasiswa disuruh untuk melakukan sebuah bisnis/PKM. produk dari penulis ini terinspirasi dari orang – orang pekerja/anak sekolah yang belum sempat sarapan, maka dari itu penulis ini membuat produk makanan yang simple dan praktis yang dinamakan Nasi Comot. Kegiatan ini meliputi tahap perencanaan,implementasi, evaluasi, dan analisa hasil kegiatan yang meliputi faktor keuangan,pemasaran, dan faktor produksi. Dari bisnis yang penulis ini lakukan ini dapat di artikan berhasil dapat di lihat dari segi keuangan atau segi marketing dalam pengembangan bisnis makanan dan dapat bersaing dengan umkm lainnya karena dapat di terima oleh anak anak, pemuda dan orang tua
Downloads
References
Akmaliyah, M. (. (2013). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),.
AMRI VANNUTURY SINAGA, M. M.-R. (2019). https://scholar.google.com/scholar?start=70&q=referensi+penjualan+nasi+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1702534682324&u=%23p%3DUCV6uU-73MgJ .
Ardeana, Y., Manafe, L. A., Pramita, K., & Leo, F. R. M. (2022). Marketing Communication Strategies of Pentol Kluwung Reviewed From SOSTAC Analysis: Situation, Objective, Strategy, Tactics, Action, Controlling. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 5(1), 164-174.
Badan Pusat Statistik, P. D.-2. (2010-2011). www.bps.go.id .
CA Sugianto, C. H.-2. (2017). dspace.uc.ac.id .
Daduk Merdika Mansur, M. S. (2023). https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=strategi+pemasaran+start+up .
Dani, O. (2023). https://anggaranusaha.com/modal-1-juta/usaha-nasi-cokot .
Embunsari, D. (2023). Ide Bisnis 2023 Nasi Cokot Makanan Sehat dan Kenyang di Perut.
Hardana, A. &. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 16-22.
I Khasanah - Jurnal Ilmu Komunikasi, 2. (2019). jurnalfdk.uinsby.ac.id .
I Setiawati, P. W.-P. (2017). ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id .
Lestari, I. A. (2019). Pengaruh inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111-118.
Manambing, A. M. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran (Studi kasus UMKM kuliner tinutuan di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
MISBAHUL KHASANAH UNIVERSITAS JAMBI, 2. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA NASI CIPRAT DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN MATRIX QSPM.
MR Fahdia, I. K.-A. (2022). abdiformatika.org .
Musyawarah, I. Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.
Manafe, L. A. (2023). Evaluation of Marketing Strategies for Educational Services in Increasing Public Interest. International Journal of Business and Applied Economics, 2(4), 601-612.
Nurul Afrianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (2019). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9388/ .
Puspitarini, D. S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common.
RJ Naimah, M. W. (2020). Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2020.
Rofi’i, N. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
SD Ilhami, T. S.-J. (2022). publishing-widyagama.ac.id .
Ulyah, N. (. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Bhirawa Steel (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Muninggar, Ummu Salamah, Bayu Purwanto, Rega Hilmy, Ahmad Rizal, Leonard Adrie Manafe, Kusuma Adi Rahardjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.