Maksimalkan Kelezatan Dan Khasiat: Perencanaan Strategis Pemasaran Minuman Aloevera Dengan Pendekatan SWOT
DOI:
https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.860Keywords:
SWOT, penentuan strategi pemasaran, khasiatAbstract
ABSTRACT: In an era of consumer focus on health and wellness, drinks made from Aloe Vera offer deliciousness and promising health benefits. Aloe Vera has been widely known for its benefits, such as improving the immune system, providing essential nutrients, maintaining healthy skin, and having detoxifying effects. Despite its great potential, the marketing of Aloe Vera drinks has not yet fully exploited its advantages, and there are still untapped opportunities in the market. SWOT analysis is used as support in business planning to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats. In this research, the author used a qualitative descriptive method by observing field conditions and interviewing the owner of SPARKS Drink. SPARKS Drink's marketing strategy involves friendly service, pricing appropriate to consumer segments, product innovation, and selection of quality ingredients. Suggestions for SPARKS Drink include encouraging product innovation, establishing partnerships with local farmers, collaborating with influencers and online advertising campaigns, as well as monitoring industry changes and adapting strategies. Price flexibility is also recommended. By implementing these suggestions, SPARKS Drink can increase brand visibility and remain competitive in a competitive market.
Keywords: SWOT, determining marketing strategy, benefits
ABSTRAK : Dalam era fokus konsumen pada kesehatan dan kebugaran, minuman berbahan dasar Aloe Vera menawarkan kelezatan dan khasiat yang menjanjikan bagi kesehatan. Aloe Vera telah dikenal luas karena manfaatnya, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan nutrisi penting, menjaga kesehatan kulit, dan memiliki efek detoksifikasi. Meskipun potensialnya besar, pemasaran minuman Aloe Vera belum sepenuhnya memanfaatkan keunggulannya, dan masih ada peluang yang belum dimanfaatkan di pasar. Analisis SWOT digunakan sebagai pendukung dalam perencanaan bisnis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengamati kondisi lapangan dan wawancara dengan pemilik SPARKS Drink. Strategi pemasaran SPARKS Drink melibatkan pelayanan yang ramah, penetapan harga yang sesuai dengan segmen konsumen, inovasi produk, dan pemilihan bahan berkualitas. Saran untuk SPARKS Drink termasuk mendorong inovasi produk, menjalin kerjasama dengan petani lokal, berkolaborasi dengan influencer dan kampanye iklan online, serta memantau perubahan industri dan menyesuaikan strategi. Fleksibilitas harga juga disarankan. Dengan menerapkan saran ini, SPARKS Drink dapat meningkatkan visibilitas merek dan tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif.
Kata Kunci: SWOT, penentuan strategi pemasaran, khasiat
Downloads
References
Akdom 2007. Strategic Management for Educational Management. Bandung. Alfabeta.
Alibaba. 2017. Analisis SWOT dalam Perencanaan Wilayah. www.radarplanologi.com/2015/11/analisis-swot- dalam-perencanaan-wilayah-dankota.html Edge AG. 1978. The Guide to Case Analysis and Reporting. Hawai : System Logistics, Inc.
Friesner. 2010. History of SWOT Analysis. http://www.marketingteacher.com/swot/historyof-swot.html).
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Karinov. 2018. Contoh Analisis SWOT Perusahaan dan Pembuatannya. https://karinov.co.id/contoh-analisa-swot-perusahaan.
Rangkuti F. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis. Analisis SWOT. PT Elex Media dan PT Gramedia Group. Jakarta.
Said S. 2011. Analisis SWOT. http://saidsite.blogspot.com/2011/05/makalah-tentang-analisaswot.html.
Sugiono. (2014). (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit alfabeta bandung .
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Gramedia pustaka Utama, Jakarta
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2009. Bisnis Perencanaan dan Pengembangan, USU Press Meda Maulida. (2012). Analisis Strategi Pemasaran pada PT. KOKO JAYA PRIMA MAKASSAR. Jurnal Skripsi. (Online). (http://www.GarudaDikti.go.i d).
Ramadhan, Ahmad. (2010). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (Studi.Jurnal Skripsi. (Online). (http://www.GarudaDikti.g)
Basu, Swasta dan Sukotjo, (1994). Manajemen Pemasaran Praktik, Yogyakarta : Liberty.
Engel, J.F (1994). Perilaku Konsumen. Jilid 1, Edisi Keempat. Jakarta : Binarupa Aksara Fandi, Tjiptono. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Yogyakarta
Andy Offset. (1996). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Yogyakarta
Hasibuan. SP. Melayu (1994). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit BPFE.
Kotler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Enam. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Fatchurrohman, Mochamad, Noneng R Sukatmadiredja, Bambang Sri Wibowo, and Ajeng Nurwinda Desiane. 2023. “Strategi Pemasaran Dan Penjualan Dengan Pendekatan Analisa SWOT Pada Produk Usaha Leche.” Jurnal Penelitian Inovatif 3(1): 67–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alvira Putri Maharani, Rizky Fadhlurrahman Said, Amelia Kusnanda Ramadhani, Riska Nurkamila, Asyifa Ellen Lufenia, Anita Kartika Sari, Rifda Fitrianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.