Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Brand Produk KimbapWey

Authors

  • Della Amanda Safira Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Ike Nur Fadlilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Siti Maulydia Islandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Ayu Devina Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Veronica Yulia Rachma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Noneng R Sukatmadiredja Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.851

Keywords:

Peningkatan, Digital, Pemasaran

Abstract

Abstrak: Digital marketing di era industri 4.0 merupakan pendekatan alternatif untuk mempromosikan dan memasarkan merek dan produk para pelaku usaha sebagai kegiatan (PKM). Mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan ide kreatif untuk produk atau jasa baru dan berinovasi. Program PKM juga membantu meningkatkan kemampuan , pengetahuan, dan pengalaman berwirausaha. Melalui program kewirausahaan ini, kita juga dapat mempelajari berbagai macam proses pembuatan kimbab. Dengan menggunakan teknologi digital, penjualan dan pemantauan kebutuhan pelanggan menjadi lebih mudah. Pelanggan juga dapat dengan mudah memenuhi keinginan mereka dari mana saja dengan mengunjungi platform, toko online, atau akun media sosial lainnya. Tujuan penulisannya adalah untuk memanfaatkan media sosial dan memasarkan produk dan bisnis secara online. Untuk mencapai tujuan ini, penggunaan pemasaran digital sangatlah penting. Selain menawarkan peluang bagi pelaku usaha untuk menjadi lebih kreatif dalam mendesain packaging produk untuk menarik pelanggan dan meningkatkan nilai jual produk, edukasi ini juga berkaitan dengan pemasaran dan promosi. Untuk meningkatkan performa platform digital, packaging dan logo harus digunakan sebagai identitas merek image Kimbabwey. Diharapkan artikel ini akan membantu pelaku UMKM menerapkan pemasaran digital dengan baik dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Kata Kunci : Peningkatan, Digital, Pemasaran

 

Abstract: Digital marketing in the industrial era 4.0 is an alternative approach to promote and market the brands and products of business actors as activities (PKM). Students have many opportunities to develop creative ideas for new products or services and innovate. The PKM program also helps improve entrepreneurial skills, knowledge, and experience. Through this entrepreneurship program, we can also learn various kinds of kimbab making processes.  By using digital technology, sales and monitoring customer needs become easier.  Customers can also easily fulfill their wishes from anywhere by visiting platforms, online stores, or other social media accounts. The purpose of writing is to leverage social media and market products and businesses online. To achieve this goal, the use of digital marketing is essential. In addition to offering opportunities for business actors to be more creative in designing product packaging to attract customers and increase product selling value, this education is also related to marketing and promotion. To improve the performance of digital platforms, packaging and logos must be used as Kimbabwey's brand image identity. It is hoped that this article will help MSME players implement digital marketing well and adapt to environmental changes.

Keyword : Improvement, Digital, Marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Prasetyowati, A, Martha, JA, Indrawati, A. 2020. Digital marketing. URL: https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf. Diakses tanggal 22 November 2023

Purnavita, S., Sriyana, H.Y., Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk ISSN 2721-4834 Unggulan Kabupaten Sragen. Jurnal E-Dimas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260

Purwana, D, Rahmi, R, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan malaka sari. URL: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781. Diakses tanggal 11 Desember 2023

Rahmawati, F. 2013. Pengemasan dan pelabelan. URL: https://staffnew.uny.ac.id/upload/132296048/pengabdian/pengemasan-dan-pelabelan.pdf. Diakses tanggal 02 Desember 2023

Reskiananda, S. 2021. Metode penelitian. URL: http://repository.iainkudus.ac.id/1794/6/06%20BAB%20III.pdf. Diakses tanggal 1 Desember 2023

Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB – Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 2(2), 77–84.

Sugiarti, EN, Diana, N, Mawardi, M. 2019. Peran fintech dalam meningkatkan literasi keuangan pada usaha mikro kecil menengah di malang. URL: https://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/download/4038/3515. Diakses tanggal 13 Desember 2023

Suprapto, A. (2013). Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran Pendirian Industri Dodol Salak Skala Kecil di Kabupaten Banjarnegara. Agritech: Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 15(1).

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4, 132997.

Ananda, Anggita Putri, Anita Kartika Sari, and Mochamad Fatchurrohman. 2023. “The Influence of Price , Location and Word Of Mouth on Purchasing Decisions at Green Resto.” 2(1): 24–30.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Della Amanda Safira Putri, Ike Nur Fadlilah, Siti Maulydia Islandi, Ayu Devina Putri, Veronica Yulia Rachma, Mochamad Fatchurrohman, & Noneng R Sukatmadiredja. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Brand Produk KimbapWey. Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.851