Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Marketing Pada Penjualan Produk Totebag Colour.Fun

Authors

  • Hanggoro Purbo Kuncoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Diana Pujiyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Devine Paramitha W Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Desvita Uno Henvi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Octavia Yasmin Putri Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Etin Puspita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.845

Keywords:

pemasaran, strategi pemasaran, media sosial marketing

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan hasil keefektifan penggunaan media sosial marketing pada bisnis totebag dan kanvas “Colour.Fun”. Hal tersebut akan mempermudah pemilik bisnis untuk merancang strategi dan pengambilan keputusan ke depan terkait bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek yang diambil adalah pemilik bisnis Colour.Fun, yang mana merupakan lima orang mahasiswa semester lima berasal dari STIE Mahardhika Surabaya. Objek penelitian ini adalah produk totebag dan kanvas “Colour.Fun”. Data penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi sumber. Peneliti menemukan bahwa Colour.Fun telah menerapkan 3 strategi pemasaran, yaitu whatsapp, instagram, dan event-event seperti bazar dan Car Free Day. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran menggunakan WhatsApp merupakan strategi yang paling efektif jika dibandingkan dengan menggunakan Instagram maupun event-event tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyanto, B., & Ariadi, S. (2015). Upaya pengembangan usaha mandiri di kalangan pengangguran terdidik di Jawa Timur. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, Dan Politik, 28(3), 115– 124.

Astria, Dela, & Mei, Santi (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurna Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(2), 246-270. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar

Diandra, D., & W.S, P. (2022). Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Pemasaran: State of The Art. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.589

Taqiyya, Rahmah, & Sugeng, Riyanto (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook

Dan Whatsapp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, 2(10), 810-823.

Untari, Dewi, Dewi Endah Fajariana (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271-278.

Fatchurrohman, Mochamad, Noneng R Sukatmadiredja, Bambang Sri Wibowo, and Ajeng Nurwinda Desiane. 2023. “Strategi Pemasaran Dan Penjualan Dengan Pendekatan Analisa SWOT Pada Produk Usaha Leche.” Jurnal Penelitian Inovatif 3(1): 67–72.

Afifah, Wahyuni Nur. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sarung Pada Sarung Bagus ID.” 3(1): 37–42.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Purbo Kuncoro, H., Diana Pujiyani, Devine Paramitha W, Desvita Uno Henvi, Octavia Yasmin Putri Pratiwi, Mochamad Fatchurrohman, & Etin Puspita Sari. (2024). Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Marketing Pada Penjualan Produk Totebag Colour.Fun. Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.29062/jihapenmas.v1i1.845