STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN BATUPAPAN KECAMATAN MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v22i3.930Keywords:
Strategi, ,Peningkatan, Kinerja, PegawaiAbstract
Penilaian kinerja sangat penting untuk menilai keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai misinya, terutama di tengah tuntutan masyarakat yang semakin meningkat terhadap pelayanan. Namun, praktik penyediaan layanan seringkali tertinggal dari harapan yang berkembang ini. Penelitian ini berfokus pada strategi, faktor pendukung, dan hambatan dalam meningkatkan kinerja karyawan di Kantor Kelurahan Batupapan Kabupaten Tana Toraja. Dengan melakukan pendekatan kualitatif, kemudian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa strategi dalam meningkatkan kinerja pegawai, termasuk memberikan arahan dan bimbingan yang sesuai dengan Standar Operasional Pekerjaan (SOP). Meskipun upaya tersebut dilakukan, faktor-faktor penghambat tetap ada, seperti jarak tempuh pegawai dari kantor yang menyebabkan keterlambatan dan penempatan jabatan yang tidak sesuai dengan kompetensi. Sebaliknya, faktor pendukung, seperti fasilitas dan infrastruktur yang memenuhi standar SOP, memberikan kontribusi positif. Metode analisis yang digunakan adalah interaktif, yang melibatkan reduksi data, presentasi, dan verifikasi, yang memudahkan dalam menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan meningkatkan kinerja pegawai yang memerlukan penanganan terhadap hambatan seperti kendala geografis dan penempatan jabatan yang tidak sesuai, sambil memanfaatkan faktor pendukung seperti ruang kerja yang terlengkap. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting untuk mengoptimalkan efektivitas kelurahan dalam memenuhi tuntutan masyarakat yang terus berkembang.
Kata Kunci : Strategi ,Peningkatan, Kinerja, Pegawai
Downloads
References
Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yong yakarta:Aswaja Prasindo.
Danim, Sudarman.2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/M.PAN/7/2003 Tentang Kegiatan Dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi. Jakarta: Grafindo Persada.
Moeheriono,,2008. Manajemen Pelayanan Umum diIndonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2008 Tentang Prosedur Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.
Surjadi,2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sedarmayanti,2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:PT RefikaAditama
Sinambela, Lijan Poltak.2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Sugiyono,2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta. Sugiyono,2012.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta Tjutju,Yuniarsih.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Bandung:Alfa beta
Undang-Undang No.3 Tahun 2009 Tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kelurahan Batupapan Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja.
Yayasan Widyatama, 2013-2014. Peraturan Kepegawaian. Universitas Widyatama Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roylianto Paliling, Sita Y. Sabandar , Petrus Ma’na
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.