PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN PER PESERTA DIDIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP DAYA SAING

(Studi kasus di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 Gondanglegi)

  • Erin Hartutik Universitas Gajayana Malang
  • Umi Muawanah Universitas Gajayana Malang
  • Endang Suswati Universitas Gajayana Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: i) untuk menghitung besarnya biaya pendidikan per peserta didik dengan pendekatan activity based costing (ABC) di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 mulai PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK; ii) untuk menganalisis dampaknya terhadap daya saing di Pondok Modern Al-Rifa’ie  2 Gondanglegi Malang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode kuantitatif deskriptif. Analisis kuantitatif deskriptif dilakukan untuk memaparkan perhitungan biaya operasional pendidikan per peserta didik dengan pendekatan  activity based costing (ABC). Teknik pengumpulan data dengan observasi.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya pendidikan di identifikasi aktivitas penyelenggaraannya yang menghasilkan biaya operasional per peserta didik per tahun di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 mulai unit pendidikan:  i) PAUD Rp.3.620.512, ii) SD Rp.5.927.690, iii) SMP Rp. 3.384.187, SMA iv) Rp. 6.926.608, v) SMK Rp. 9.061.897. Biaya pendidikan dalam penelitian ini di nilai berdasarkan harga (SPP) dan kualitas kelulusan NUN yang hubungannya tidak secara langsung terhadap daya saing. Dimana daya saing ini sebagai pengembangan di semua lini dalam organisasi baik dari harga SPP maupun kualitas kelulusan NUN. Apabila dinilai dari harga SPP naik dari tahun ke tahun harapannya jumlah peserta didik juga naik. Dan juga kualitas kelulusan NUN peserta didik setiap tahun juga mengalami hasil yang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 15, 2019
How to Cite
HARTUTIK, Erin; MUAWANAH, Umi; SUSWATI, Endang. PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN PER PESERTA DIDIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP DAYA SAING. Media Mahardhika, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 289-311, jan. 2019. ISSN 2407-4950. Available at: <http://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/85>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.29062/mahardika.v17i2.85.
Section
Articles