ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

(Studi Pada Perusahaan Astra Otoparts, Astra International, Dan Bata Tahun 2013-2017)

Authors

  • Edi Sugiarto Fakultas Ekonomi,Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Galang Pradana Fakultas Ekonomi,Universitas Islam Lamongan
  • Abid Muhtarom LITBANGPEMAS,Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v17i2.82

Abstract

Analisis fundamental adalah analisis yang sering digunakan untuk melakukan pendekatan dalam memprediksi perubahan ata fluktuasi harga saham suatu perusahaan. Masalah yang dicantumkan pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Return On Asset, Return On Equity, Return On Investment, Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, dan Net Profit Margin (ROA, ROE, ROI, GPM, OPM, NPM) terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Dengan menjadikan laporan keuangan Astra Otoparts, Astra International, dan Bata periode 2013-2017 sebagai sampel. Metode penelitian adalah dengan kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dengan menggunakan metode terkait sedemikian rupa. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Return On Equity (X2), Return On Investment (X3), Gross Profit Margin (X4), dan Net Profit Margin (X6) berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham. Return On Asset (X1) dan Operating Profit Margin (X5) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap harga saham. Sedangkan seluruh variabel X bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Net Profit Margin (X6) menjadi variabel dominan yang mempengaruhi harga saham.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-15