PERKEMBANGAN BISNIS PADA BEBERAPA PELAKU UKM (USAHA MIKRO KECIL) MITRA LPPM UNTAG SURABAYA PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sri Andayani ADBIS FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ayun Maduwinarti ADBIS FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v21i1.525

Abstract

Dampak Pandemi Covid 19 sangat berpengaruh pada berbagai sector perekonomian nasional, termasuk terhadap keberadaan pelaku UMKM. Berdasarkan penelitian yang kita lakukan (Ayun Madu Winarti dan Sri Andayani 2020). Hasil survey kami, hasilnya menyatakan Covid-19 dampaknya luar biasa bagi perkembangan UMK mitra, penjualan untuk produk mengalami penurunan antara 70% sampai 100 %. Semua UMK memaksimalkan penjualan online dengan menggunakan media sosial seperti FB, Instagram, WhatsApp. Identifikasi masalah pada penelitian ini Bagaimana Perkembangan Bisnis pada UMK sebagian dari Mitra LPPM Untag Surabaya dalam kondisi Pasca Pandemi Covid 19 ?. Tujuan Kajian ini ntuk mengetahui perkembangan aktifitas kegiatan UMK dari sebagian Mitra UMK, LPPM Untag Surabaya pada masa Pasca Pandemi Covid 19 . Sampel dalam penelitian ini adalah UMK batik teyeng, Kartini Handicraft, Kanta Kraft, Esm Collection kreasi daur ulang kertas semen, UMK Krupuk Kasava, UMK Nikmat,, UMK Sambel Pecel Mbakti. Berdasarkan pembahasan yang sudah diuraikan maka kesimpulan dari perkembangan usaha UMK mitra Untag Surabaya adalah secara perlahan usaha bisnisnya terus mulai berjalan namun perkembangannya masih belum sangat besar, terutama produk yang bukan makanan dan minuman. Kedua secara keseluruhan UMK Mitra melakukan kegiatan pemasaran via media sosial dan tergabung dalam market place, sedangkan untuk produk makanan mulai menggeliat, sedangkan produk sambel pecel “Mbak Ti “ sejak pandemi covid 19 tidak mengalami penurunan dan Sesudah pandemi malah pasarnya semakin meluas di luar pulau Jawa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunarto, M., Purwanto, P., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2022). Creating Student Loyalty Through the Value of Context-Based Customer Education. Management Scientific Journa, 12(1), 14–30.

Hermawati, A., Purbaningsih, Y., Iwe, L., Junaedi, I. W. R., & Wibowo, T. S. (2022). Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Berbasis Implementasi Kompetensi dan Komunikasi Organisasi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2199–2209.

Karman, A., Jaya, A., & Wibowo, T. S. (2022). Identification of Human Resource Management Best Practices in the MSME Sector. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 2151–2441.

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.

Wibowo, T. S. (2022). Psychological Contract Theory Relation to Organizational Citizenship Behavior (OCB) of Flight Attendants. International Journal of Science, Technology & Management, 3(1), 144–152.

Downloads

Published

2022-09-30