ANALISIS PENGARUH SERVICE MARKETING MIX 7P TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI KOZKO DIGITAL PRINTING SURABAYA

Authors

  • Ryanne Natalia Hamdali Universitas Ciputra Surabaya
  • Tina Melinda Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.316

Keywords:

Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Kozko Digital Printing Surabaya. Variabel bauran pemasaran jasa yang digunakan dalam penelitian ini adalah product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pelanggan yang pernah menggunakan jasa Kozko Digital Printing pada tahun 2020 dan telah tercatat dalam database. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan model Structural Equation Model (SEM) dan diolah dengan software Smart PLS 3.0. Hasildari penelitian menunjukkan bahwa variabel product, price, place, people, dan process berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di Kozko Digital Printing, sedangkan variabel promotion dan physical evidence tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Kozko Digital Printing dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kozko Digital Printing ke depannya diharapkan dapat memperluas variasi produknya dengan memasuki produk berbasis digital dan juga menambah platform penjualannya memasuki online platform.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-09-18