PENGARUH INTERACTION ENVIRONMENT DAN LEARNER CHARACTERISTIC TERHADAP KEPUASAN DALAM PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.315Keywords:
Learner-content interaction, Learner-instructor interaction, Learner-learner interaction, Self-efficacy, Self-directed, E-learning satisfactionAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara interaction-environment dan learner-characteristic sebagai variabel independen terhadap e-learning satisfaction sebagai variabel dependen. Disini faktor interaction- environment direpresentasikan melalui variabel-variabel Learner-content interaction, Learner- instructor interaction, dan Learner-learner interaction. Sedangkan faktor learner- characteristics direpresentasikan melalui variabel-variabel Self-efficacy dan Self- directed. Studi dilakukan pada sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta, dan sebagai sampel penelitian dipilih para mahasiswa di institusi tersebut dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil olah data menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, kecuali Learner-learner interaction tidak berpengaruh signifikan terhadap E-learning satisfaction.