PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UD. PETRA STAMPS

Authors

  • Helena Sidharta Universitas Ciputra
  • Sara Patricia Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i3.305

Keywords:

Bauran Kualitas layanan, Persepsi harga, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada UD. Petra Stamps. Responden dari penelitian ini berjumlah 114 responden dimana sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan di awal penelitian.  Metode analisis yang digunakan dengan Regresi Linier Berganda dan diolah menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, oleh karena itu sangatlah penting bagi UD. Petra Stamps untuk terus melakukan peningkatan terhadap layanan yang diberikan agar dapat terus meningkatkan kepuasan setiap pelanggan. Persepsi harga juga berpengaruh positif terhadap Kepuasan pelanggan, dengan kata lain persepsi harga yang dimiliki oleh UD. Petra Stamps akan mempengaruhi kepuasan dari setiap pelanggannya, oleh karena itu persepsi harga yang dimiliki UD. Petra Stamps perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan lagi agar tetap bisa mencapai kepuasan pelanggan yang maksimal. Kepuasan pelanggan secara langsung berpengaruh terhadap loyalitasnya oleh karenanya kepuasan pelanggan wajib diperhatikan. Selain itu, kualitas layanan dan Persepsi harga juga berpengaruh langsung terhadap Loyalitas pelanggan, oleh karenanya Petra Stamps harus terus melakukan inovasi dan juga peningkatan baik dari segi kualitas layanan, persepsi harga dan juga kepuasan setiap pelanggannya hal ini bertujuan agar loyalitas pelanggan pada UD. Petra Stamps dapat terus mengalami peningkatan sehingga UD. Petra Stamps dapat terus bertahan dan mampu memenuhi setiap kebutuhan setiap pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesian Middle-Class Hermawan, Iwan. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan:: Hidayatul Quran Kuningan. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniawan,Dede. Okefinance. 2020. Diterpa Pandemi Covid-19, Omset Percetakan Menurun Drastis. Diakses Pada Rabu 16 Desember 2020. Dari Https://Economy.Okezone.Com/View/2020/07/22/4/66113/Diterpa-Pandemi-Covid-19-Omset-Percetakan-Menurun-Drastis

Lie, Darwin, Acai Sudirman, And Marisi Butarbutar Efendi. "Analysis Of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price And Consumer Trust On Consumer Loyalty." International Journal Of Scientific And Technology Research 8.8 (2019): 412-428.

Mandira, D. A., Suliyanto., Dan Nawarini, A. 2018. The Influence Cusomer Trust, Service Quality, And Perceived Price On Customer Satisfaction And Customer Loyalty. Journal Of Research In Management , Vol. 1, No. 1, 2018, Pp. 16 – 21.

Martin, D. Dan Hamali, A. Y. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Adidaya Digital Printing Bandung. Journal Stieamkop. Vol 3, No 1 Juni (2020).

Mulyapradana, A., Anjarini, A.D., Dan Harnoto. 2020. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 3 No 1, Januari 2020 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259.

Parasuraman, A. P., Zeithaml, A. V., dan Berry, L. L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research (SERVQUAL). Journal of Marketing. January 1985. Vol. 49 ( Fall 1985), 41-50.

Setyo, Purnomo Edwin. 2017. “ Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks’” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, Februari 2017: 755 – 764

Shintaputri, I., Dan Wuisan, A.J., 2017. The Impact Of Perceived Price Towards Perceived Value Through The Mediation Of Perceived Quality: A Case Of Brand X Smartphone In Customers . Ibuss Management Vol. 5, No. 1, (2017) 29-42.

Susanti, C. E. 2019. The Effect Of Service Quality And Perceived Price Fairness On Consumer Loyalty Through Consumer Satisfaction On Budget Hotel In East Java. Indian Journal Of Science And Technology, Vol 12(6), DOI: 10.17485/Ijst/2019/V12i6/141954, February 2019.

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles