Pengaruh Strategi Harga dan Kemasan Dalam Pemasaran di Pt. Aje Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan dan harga keputusan pembelian minuman bersoda. Variabel kemasan terbatas pada elemen struktur, karena unsur-unsur ini kurang diperhatikan oleh penelitian sebelumnya. Data diperoleh dari 261 karyawan dan mahasiswa di Surabaya, dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Kuesioner dikembangkan berdasarkan instrumen penelitian dari penelitian terdahulu.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kemasan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Efek harganya pun lebih besar dari pada kemasan produk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam varians keputusan kemasan, harga, dan pembelian berdasarkan kelompok usia, tingkat pendidikan, merek yang dipilih, intensitas pembelian, dan tempat pembelian.