Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Pelayanan Administrasi Pemerintahan Bidang Layanan Sipil Di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

  • Waloyo Waloyo STIE YAPAN Surabaya
  • Didik Julianto STIE YAPAN Surabaya

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala desa dan pengaruhnya terhadap efektivitas pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Permasalahannya bahwa kepemimpinan kepala desa maupun kualitas pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban terlihat masih kurang efektif. Unit analisisnya adalah keseluruhan unsur yang terkait, baik langsung maupun tidak langsung dalam pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan datadilakukan dengan teknik angket dengan skala Likert 1-5. Jumlah populasi sebanyak 174 orang dansampel diambil sebanyak 64 orang. Analisis datanya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi dan korelasi.


            Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh kepemimpinan Kepala Desa terhadap Pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban Kecamatan Menganti cukup kuat dan signifikan. Berdasarkan uji F, diperoleh F hitung (19,046) > F tabel (7,08) > (4.00), maka jelas bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien itu berarti (r ≠ 0). Atau dengan kata lain, variabel kepemimpinan kepala desa dapat meningkatkan variabel pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban Kecamatan Menganti. Selain itu terdapat hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,485 antara kepemimpinan kepala desa dengan pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil tersebut. Selanjutnya koefisien determinasinya sebesar 0,235. Hal ini menunjukkan 23,5% keragaman variabel pelayanan administrasi pemerintahan bidang layanan sipil di Desa Laban disebabkan oleh perbedaan variansi variabel kepemipinan kepala desa, sedangkan selebihnya 76,5% disebabkan oleh faktor lain, tetapi tidak diteliti. Faktor-faktor lain dimaksud seperti disiplin kerja aparat desa, perencanaan program kerja, dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 23, 2018
How to Cite
WALOYO, Waloyo; JULIANTO, Didik. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Pelayanan Administrasi Pemerintahan Bidang Layanan Sipil Di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Media Mahardhika, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 202-229, jan. 2018. ISSN 2407-4950. Available at: <http://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/26>. Date accessed: 30 mar. 2020.
Section
Articles