Competitive Dynamics Pada Usaha Mikro : Analisis Persepsi Kompetitif Pada Usaha Mikro Bidang Kuliner Di Unitomo Street Food Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.29062/mahardika.v16i1.2Keywords:
Kata kunci : competitive dynamics, persepsi persaingan, usaha mikro, fenomenologisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menggali proses pelaku usaha kecil mikro dalam berhubungan dengan kompetitornya dan kekuatan kompetitif di pasar. Studi ini menggunakan pendekatan pengolahan informasi yang memeriksa tiga aktivitas, yaitu scanning lingkungan kompetitif, interpretasi terhadap tindakan kompetitif, dan reaksi berdasarkan penilaian tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya saing dari pelaku usaha mikro khususnya yang bergerak di bidang kuliner. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana peneliti mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan, merangkum serta menginterpretasikan data-data yang diperoleh, yang selanjutnya diolah kembali sehingga diperoleh gambaran yang jelas, terarah dan menyeluruh dari masalah yang menjadi objek penelitian. Pendekatan fenomenologis digunakan untuk menganalisis data asli yang dikumpulkan dari pertanyaan wawancara dan dialog dengan informan. Struktur pengalaman digambarkan berdasarkan interpretasi peneliti pada deskripsi peserta. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional serta meningkatkan daya saing dari pelaku usaha mikro khususnya yang bergerak di bidang kuliner.