Pengaruh Food Experience Terhadap Satisfaction Wisatawan: Studi Kasus Kuliner Khas Jawa Timur

  • Siti Rahayu Universitas Surabaya

Abstract

Pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat. Salah satu bentuk trend wisata baru adalah wisata kuliner. Trend wisata kuliner meningkatkan pertumbuhan industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Masing-masing daerah mencoba mengenalkan alternatif kuliner yang menjadi ciri khasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh food experience terhadap satisfaction wisatawan dari luar Jawa Timur yang menikmati kuliner khas Jawa Timur.


Data didapatkan melalui kuesioner. Kuesioner disebarkan terhadap wisatawan dari luar Jawa Timur yang pernah menikmati kuliner di Jawa Timur. Wisatawan didapatkan di berbagai objek wisata di wilayah Jawa Timur. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan terhadap kuliner khas Jawa Timur adalah heritage, variety, dan sensory.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 23, 2018
How to Cite
RAHAYU, Siti. Pengaruh Food Experience Terhadap Satisfaction Wisatawan: Studi Kasus Kuliner Khas Jawa Timur. Media Mahardhika, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 137-147, jan. 2018. ISSN 2407-4950. Available at: <http://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/16>. Date accessed: 30 mar. 2020.
Section
Articles