PENGARUH INOVASI TERHADAP UKM NAIK KELAS MELALUI DAYA SAING PRODUK

(Studi UKM Kuliner Rahajeng Catering Pati dan Indoburger Rembang)

Authors

  • Suryono Hadi Elfahmi STIE Mahardhika Surabaya
  • Dodik Jatmika Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29062/mahardika.v17i3.106

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh inovasi produk terhadap UKM naik kelas melalui daya saing. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Usaha Kuliner Rahajeng Resto dan Indo Burger   yang berjumlah 150 orang, dan semua dijadikan sampel penelitian. Maka penelitian ini termasuk dalam penelitian Sensus. Data yang diperoleh dari persepsi responden dianalisis secara deskriptif dengan structur equation modeling menggunakan aplikasi AMOS.

Hasil penelitian menyatakan bahwa inovasi produk berpengaruh terhadap daya saing, inovasi produk berpengaruh terhadap UKM naik kelas dan inovasi produk berpengaruh terhadap UKM naik kelas melalui daya saing.

Bagi peneliti selajutnya disarankan untuk mengkaji ulang penelitian yang berkaitan dengan ukm naik kelas dengan menambahkan faktor-faktor penghambat daya saing produk

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-30

Issue

Section

Articles