KEBIJAKAN EDITORIAL DAN PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

KEBIJAKAN EDITORIAL

Ekomania diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya secara berkala setiap empat bulan sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan bidang ekonomi dan manajemen. Artikel yang dipublikasikan dalam Ekomania dapat berupa artikel penelitian maupun artikel konseptual.

 Ekomania menerima kiriman artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Ekomania tidak dikirim atau telah dipublikasikan pada media cetak yang lain, baik sebagian atau seluruhnya. Penulis wajib melampirkan instrumen riset yang dilakukannya (kuesioner, kasus, hasil wawancara, dan lain sebagainya).

Semua artikel yang diterima akan diseleksi melalui proses tanpa identitas penulis oleh para editor Ekomania, dengan mempertimbangkan antara lain : terpenuhinya persyaratan pedoman penulisan artikel, orisinal, dan signifikansi hasil penelitian bagi pengembangan ilmu.

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

  1. Sistematika penulisan dalam artikel sekurang-kurangnya terdiri dari atas bagian-bagian: Abstrak, Pendahuluan, Kerangka Teoritis, Hipotesis, Metode Penelitian, Analisis Data, Pembahasan dan Kesimpulan, Implikasi dan Keterbatasan, serta Daftar Pustaka.
  2. Identitas penulis (nama, alamat, e-mail, dan bidang kajian dari artikel serta curriculum vitae penulis, termasuk pendidikan terakhir, pekerjaan, dan asal lembaga) harus dicantumkan pada lembar terpisah dari artikel.
  3. Artikel diketik dengan spasi 1.5 di atas kertas ukuran 21 cm x 29,7 cm (A4) (margin atas 3 cm dan bawah 4 cm, margin kiri 4 cm dan kanan 3 cm) sebanyak satu eksemplar dan pada disket menggunakan komputer IBM PC atau kompatibel, memakai program pengolahan kata Microsoft Word (MS WORD) dengan huruf Courier atau Times New Roman, ukuran huruf (font size) 11. Panjang artikel berkisar antara 15 – 25 halaman.
  4. Abstrak terdiri dari 150 – 400 kata dan dapat disajikan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dan menggunakan sedikitnyatiga kata kunci.
  5. Tabel dan gambar dapat disajikan pada halaman terpisah (pada bagian akhir tulisan). Setiap tabel/gambarsebaiknya diberi nomor urut dengan angka arab, judul tabel/gambar, dan sumber kutipan.
  6. Kutipan ditulis dengan menyebut nama akhir penulis serta tahun dalam tanda kurung. Nomor halaman dapat dicantumkan jika dipandang perlu.

Contoh:

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis : (Kotler, 2004). Jika disertai nomor halaman : (Kotler, 2004:99).
  2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis : (Mowen dan Minor, 2003). Satu sumber kutipan dengan dengan lebih dari dua penulis : (Engel et al., 1995).
  3. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda : (Aaker, 1991 ; Keller, 2003).
  4. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama (Aaker, 1991;1996), dan jika tahun publikasi sama : Radiany, 2005a;2005b).
  5. Sumber kutipan yang berasal dari institusi, sebaiknya menyebutkan akronim institusi tersebut: (BPS, 2000).
  6. Daftar Pustaka disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabet:

Aaker, David. A. 1996. Building Strong Brand. The Free Press, Simon & Schuster Inc., New York: United States of America.

Kotler, Philip, 2000. Marketing Management, 10th ed., Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey: United States of America.

  1. Tata cara penulisan artikel memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.